Search

Monday, October 3, 2011

Nyopas Definisi Penerangan

Ilmu penerangan adalah proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Definisi ilmu penerangan :Dalam penerangan, komunikator hanya berfungsi sebagai penyampai informasi saja. Jadi komunikasi hanya bersifat top down. Yaitu dari komunikator kepada komunikan. Tanpa adanya timbal balik dari komunikan.
Ilmu penerangan/ilmu manajeman komunikasi merupakan program studi Ilmu Komunikasi yang membentuk profesional-profesional yang mampu menyusun strategi komunikasi (merencanakan, mengorganisasikan, serta mengevaluasi) di bidang komunikasi sosial.
Ilmu penerangan/ilmu manajemen sosial adalah ilmu yang memiliki keahlian dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai bentuk kegiatan dan sumber daya komunikasi di dalam dan di antara sistem sosial.
penerangan/ ilmu manajemen komunikasi adalah proses pengelolaan sumber daya komunikasi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pertukaran pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi. Konteks komunikasi yang dimaksud disini berarti tataran komunikasi individual, interpersonal, organisasional, governmental, sosial, atau bahkan internasional.
Bidang ini Mempelajari perspektif, paradigma, teori, model, metodologi penelitian, dan konsep-konsep komunikasi serta aspek-aspek manajerial untuk kepentingan pengelolaan sumberdaya komunikasi dalam berbagai bentuk dan konteks dalam mewujudkan efektivitas komunikasi. Konsep manajemen dalam perspektif ilmu komunikasi pada hakikatnya dipahami sebagai proses memengaruhi orang lain.  Selain itu, konsep dari manajemen komunikasi juga memberi saran kepada kita bahwa kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik bukan hanya sebagai hal yang sudah melekat dalam diri kita saja, melainkan sebagai suatu hal yang dapat kita pelajari dan kita kembangkan. Sebagai contohnya, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi agar dapat menjadi seorang komunikator yang memiliki kredibilitas. Disinilah letak kegunaan mempelajari manajemen komunikasi, yaitu agar kita dapat lebih mengerti bagaimana seharusnya berkomunikasi dengan orang lain, sehingga komunikasi yang terjadi merupakan komunikasi yang efektif.

No comments:

Post a Comment