Search

Tuesday, July 9, 2013

Mari Ngebuburit di Bogor

Udah tradisi buat sebagian umat islam di Indonesia khususnya di Sunda setiap puasa pasti pada ngebuburit. Sebenernya apa sih ngebuburit itu?
Arti ngebuburit itu sendiri secara singkat adalah kegiatan sambil menunggu buka puasa. Tentunya kegiatannya positif. Nggak mungkin juga kan ngebuburitnya makan kwaci ? Itu sih buka puasa duluan namanya!
Kegiatan ngebuburit itu macem-macem. Kayak misalnya jalan-jalan ke tempat wisata (sekarang sih pasti kebanyakan ke mall), Bikin kerajaninan tangan, masak kolek, dan yang paling hits sih udah pasti twitteran (yang setuju ngacung!). Tapi dari itu semua yang paling dianjurin sama agama sih ngabuburit sambil baca Al-Qur'an atau kalau di kampung nyebutnya Ngaji.
Gue inget waktu kecil setiap sore sekitar jam empata sama temen-temen gue pergi ke mesjid deket rumah sambil bawa Al-Qur'an, buku tulis sama pensil. Dandanang gue sendiri udah mirip anak pesantren abis. Pake peci, baju koko, sama sarung ngatung.Tapi bukan berarti kegiatan gue ngaji doang. Gue pernah ngabuburit sambil jalan-jalan ke sawah juga pernah sambil maen kelereng.
Udah gede, gue udah jarang ngebuburit sambil ngaji (Ya Allah ampunlah dosa hamba-Mu ini!) sekarang selain ngabuburit sambil twitteran atau nge-blog juga sambil jalan-jalan ke beberapa tempat yang jadi objek tongkrongan buat ngabuburit.
Karena gue orang Bogor, maka kali ini gue akan ngasih tau dimana aja sih tempat yang wajib kalau nongkrong sambil ngabuburit di Bogor ? Yuk, sok mangga disimak!

1. Lapangan Sempur
    Tempat ini udah kesohor dari jaman baheula jadi tempat favorit buat nongkrong nunggu buka puasa. Lapangan sempur ini sebenernya cuma lapangan yang sekelilingnya ada trek lari, dan sedikit agak ke utara ada buat climbing gitu. Pas bukan bulan puasa juga sebenernya tempat ini udah terkenal rame buat beberapa kegiatan outdoor apalagi kalau minggu pagi, tempat ini selain jadi track lari pagi juga jadi pasar kaget. Lo bisa beli apapun disitu. Mulai dari jersey bola sampai Laksa Bogor. 

2. Taman Kencana
Letaknya nggak jauh dari Lapangan Sempur. Seperti namanya, Taman Kencana ini memang didesain sebagai taman kota karena letaknya yang persis di tengah kota banget. Buat kalangan anak muda Bogor tempat ini adalah tempat latihannya anak Skateboard. Selain itu juga pernah dijadiin lokasi syuting beberapa film indie. Siapa tau aja kan pas lo nongkrong lo bisa ketemu cowok-cowok skateboard yang cool dan bisa juga diajak main film bareng. 
Kalau udah bedug tapi masih ada di Taman Kencana gimana ? Gak usah khawatir! Soalnya di dektet taman itu ada beberapa cafe yang bisa jadi pilihan lo buat buka puasa bareng temen, keluarga, pacar, selingkuhan ataupun Pak Ustadz

3. Taman Paranginan
Sama seperti Taman Kencana, Taman Paranginanan ini juga salah satu taman kota yang sering jadi lokasi nongkrong buat ngabuburit. Cuma dibandingkan Taman Kencana, taman yang satu ini kurang luas. Tapi soal sejuk dan jajanan murah, Taman Paranginan nggak kalah sama Taman Kencana.

4. Situ Gede
 Nah ini tempat tongkrongan favorit gue buat ngabuburit. Selain jaraknya yang deket dari rumah juga karena tempatnya adem dan unik. Di sini kita bisa ngabuburit sambil duduk-duduk di pinggir danau. Kalau punya duit lebih lo juga bisa nyobai naik bebek-bebekan yang bisa lo sewa dengan tarif sebesar 10ribu sampai 15ribu rupiah doang atau lo juga bisa ikut mancing bareng bapak-bapak yang sering nyari ikan di sekeliling Situ Gede.

5. Istana Bogor
Emang sih nggak nyampe masuk ke dalem Istana Bogornya cuma lihat-lihatin Rusa doang yang lagi pada duduk-duduk di halaman Istana Bogor, kalau beruntung lo bisa ngeliat Rusa dari deket dan bisa ngasih makan Rusa tadi. Nggak perlu bawa makanannya dari rumah, karena disekeliling suka ada ibu-ibu yang jual wortel sama kangkung.

Itu tadi tempat tongkrongan yang cocok buat ngabuburit di Bogor. Semuanya outdoor. Kenapa outdoor ? Karena menurut gue outdoor itu lebih banyak manfaatnya. Lo bisa jalan-jalan sambil ngelatih kaki-kaki lo, dan lo bisa ngehriup udara seger langsung dari alam. Beda kan sama udara seger yang ada di mall ? Tapi kalau lo mau ngebuburit sambil jalan-jalan atau beli baju buat lebarang. Nggak usah khawatir di Bogor berjubel mall-mall yang siap memuaskan hasrat berbelanja kalian semua. So tunggu apalagi diantos kasumpingannana di Bogor. Hayuk urang ngabuburit bareng-bareng :) !

No comments:

Post a Comment